Avatar for ayiz

Manisnya Gudeg legit, kuliner Yogyakarta

Manisnya Gudeg legit, kuliner Yogyakarta

Selain makanan tradisional Bakmi Jawa yang lezatnya tiada tara, di Yogyakarta juga masih menyimpan aneka kuliner yang bisa menggugah selera. Kurang pas rasanya jika Anda belum mencicipi kuliner melegenda bernama Gudeg.

kuliner yogyakarta

kuliner yogyakarta

Gudeg adalah makanan khas Yogyakarta dan Jawa Tengah yang terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan santan. Perlu waktu berjam-jam untuk membuat masakan ini. Warna cokelat yang memancar dari Gudeg biasanya dihasilkan oleh daun jati yang dimasak bersamaan.

Gudeg biasanya dimakan dengan nasi dan disajikan dengan kuah santan kental (areh), ayam kampung, telur, tahu dan sambal goreng krecek.

Tak ada yang tahu pasti siapa pencipta makanan dengan rasa manis ini. Namun seiring perkembangan zaman, Gudeg pun menjadi bervariasi jenisnya. Hingga kini sudah ada tiga jenis Gudeg yang tersohor dan tersebar di beberapa daerah Jawa Tengah, khususnya Yogyakarta dan Solo. Ada Gudeg kering, Gudeg basah, dan Gudeg Solo.

Gudeg kering adalah gudeg yang disajikan dengan areh kental, jauh lebih kental daripada santan yang digunakan pada masakan padang. Kemudian Gudeg basah adalah gudeg yang disajikan dengan areh encer. Terakhir adalah Gudeg Solo, yaitu gudeg yang arehnya berwarna putih.

Penasaran dengan legitnya Gudeg? Tak perlu jauh-jauh hingga ke Yogyakarta, silakan berkunjung ke gelaran Pesta Merdeka 16-17 Agustus 2014 di Lapangan D Senayan, Jakarta Selatan. Selain Gudeg, masih ada beragam kuliner-kuliner Nusantara yang akan menggugah selera makan Anda. Sampai jumpa!

#kuliner yogyakarta